KEMENAG SUMBAWA BARAT:
Home » » RAPAT SOSIALISASI UPDATING DATA EMIS TAHUN PELAJARAN 2017-2018

RAPAT SOSIALISASI UPDATING DATA EMIS TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Written By Kemenag Sumbawa Barat on Jumat, 24 November 2017 | 06.37




TALIWANG- Kebutuhan untuk mendapatkan Data dan Informasi yang akurat sangatlah dibutuhkan dalam tata kelola Organisasi yang baik serta harus juga didukung oleh kekuatan finansial yang memadai, mengingat hal ini berkaitan dengan luasan geografis wilayah Indonesia pada umumnya dan wilayah Sumbawa Barat pada khususnya, sebagaimana diketahui bahwa sebaran lembaga pendidikan Islam di Bumi Pariri Lema Bariri tidak merata antara satu wilayah kecamatan dengan kecamatan lain sehingga  mempengaruhi daya jelajah proses penjaringan Data yang akurat.
Dalam rangka mendukung peningkatan tata kelola dan pelaksanaan Administrasi pada Lembaga Pendidikan Islam,  dipandang perlu untuk melakukan pendataan yang tepat guna, tepat sasaran yang akan menghasilkan produk yang berguna yaitu data dan informasi yang akurat. Sehingga dengan tersedianya data informasi yang akurat maka akan dapat dijadikan bahan pijakan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan strategis dalam pengembangan pendidikan Islam. Pada era teknologi informasi seperti saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa data dan informasi memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan dari suatu instansi, tujuan tersebut perlu mendapat dukungan sistem dan manajemen yang baik, sehingga dapat mengelola data-data dan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para User Data untuk menunjang perencanaan dan kinerja Institusi. Dalam rangka memberikan data dan informasi pendidikan terkait Guru PAI, Pengawas PAI dan Siswa beragama Islam pada sekolah umum yang akurat dan terpercaya serta akuntabel maka diperlukan penjaringan data pendidikan secara langsung ke sumber data di maksud. Data yang diperoleh diverivikasi dan input kedalam format sebagaimana yang telah ditentukan.

Untuk dapat tercapainya tujuan di atas, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Updating Data EMIS- Education Management Information Sytem pada Bidang PAIS- Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Sumbawa Barat Tahun Anggaran 2017. Peserta dari kegiatan yang dilaksanakan Kamis, 23 November 2017 tersebut adalah KKGA, MGMP SMP, MGMP SMA, MGMP SMA, Pengawas PAI dan JFU Seksi Pakis Kemenag KSB dengan total peserta sebanyak 30 orang. Kegiatan yang dilaksanakan dengan format tatap muka dengan peserta tersebut, difokuskan pada  Kegiatan Updating Data EMIS Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan batasan materi penginputan data yang berkaitan dengan hal-hal seperti Lembaga, Guru PAI, Pengawas PAI dan juga membahas materi tentang Siswa beragama islam pada sekolah umum.

Pada kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat tersebut, Drs. H. Syarifuddin, MM- Kepala Kantor Kementerian Agama KSB yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha KEMENAG Sumbawa Barat, menjelaskan bahwa ada dua tujuan pokok dari kegiatan tersebut yakni Meningkatkan pemahaman peserta tentang informasi terbaru terkait mekanisme Updating  Data EMIS TP. 2017/2018, Dan Diperolehnya data lembaga, guru PAI, Pengawas PAI dan siswa beragama islam pada sekolah umum yang tepat waktu, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.(In_budin)
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

cuti
uu
 
Support : powered by Blogger
Copyright © 2011. Kemenag KSB