KEMENAG SUMBAWA BARAT:
Home » , » BIMBINGAN PERKAWINAN PRA NIKAH BAGI CALON PENGANTIN

BIMBINGAN PERKAWINAN PRA NIKAH BAGI CALON PENGANTIN

Written By Kemenag Sumbawa Barat on Kamis, 19 Juli 2018 | 12.00


 
TALIWANG – Info Kemenag - Salah satu upaya Kementerian Agama dianggap mampu menjawab berbagai persoalan dan tantangan hidup yang timbul dalam suatu keluarga dewasa ini adalah menggelar kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin (catin). Kegiatan tersebut  dilaksanakan selama 2 (Dua) hari mulai Rabu s/d Kamis (18-19/07/2018) bertempat di gedung MTs N Taliwang Sumbawa Barat, diikuti oleh 25 (Dua Puluh Lima) Pasang pasang muda mudi se-KSB yang siap menikah. Disampaikan oleh Kasi Bimas Islam H. Udin Syafruddin, S.Ag, MM bahwa bimbingan ini semua calon pengantin akan diarahkan pada sebuah pemikiran tentang kehidupan keluarga yang Sakinah Mawaddah Wa Rahmah yaitu sebuah pernikaran yang didasari  rasa cinta, kasih dan sayang sebagaimana diidamkan oleh semua keluarga muslim.
Adapun para narasumber kegiatan tersebut selain disampaikan dari Kementerian Agama Kab. Sumbawa Barat juga melibatkan Dinas Kesehatan KSB yang mengantarkan materi tentang seputar kesehatan repoduksi. Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat Drs. H. Syarifuddin, MM. banyak mengulas soal tujuan dan hakikat dari suatu penikahan. Dihadapan para catin Ka.kakankemenag menyatakan bahwa untuk mewujudkan sebuah keluarga yang sakinah sebagaimana didambakan oleh setiap keluarga muslim tentu di dalam keluarga penting adanya komunikasi 2 (Dua arah) yaitu antara suami dan isteri agar adanya satu kesepahaman dalam mengelola management dalam rumah tangga. Mengakhiri pemaparan materinya H. Syarifuddin menghimbau kepada para pasangan yang berencana untuk menikah agar terlebih dahulu dilakukan kursus calon pengantin oleh kementerian agama untuk memperoleh pedoman serta memiliki bekal sebelum membangun sebuah rumah tangga.
Bedakan antara yang belum dan yang sudah mengikuti kursus catin, secara ilmu pengetahuan pasti ada perubahan secara psikologis dan karakter... Sang suami dan istri menginginkan anaknya lahir Qur’ani”. Jelas kepala kantor (MJ).
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

cuti
uu
 
Support : powered by Blogger
Copyright © 2011. Kemenag KSB